Encode>>Process>>Decode
coordinate01.blogspot.com

Jumat, 04 Desember 2015

Dekoder dan Enkoder (PSD Part 4)

Pada bab kali ini, kita akan membahas tentang enkoder dan dekoder.

Apa itu Enkoder? Enkoder adalah rangkaian, perangkat, perangkat lunak, algoritma ataupun orang (karena kita sedang membahas tentang sistim digital, maka yang kita maksud adalah rangkaian.) yang melakukan pengubahan informasi dari suatu format ke format yang lainnya.
Karena kita berbicara rangkaian, maka merupakan suatu gerbang logika kombinasional yang dapat mengubah dari suatu informasi(yang dipahami manusia) kedalam bentuk biner. Contoh nyata adalah keyboard, ketika kita menekan tombol A, maka keyboard akan mengirimkan kode ASCII(American Standard Code for Information Interchange) ke komputer yang bernilai 0100 0001. Lalu akan diproses oleh komputer.

Kemudian, bagaimana kah bisa muncul dilayar? Itulah peran dekoder. Dekoder berfungsi untuk mengubah informasi dari biner menjadi informasi yang dimengerti oleh manusia. Sebagai contoh, kalkulator setelah proses perhitungan menghasilkan nilai 1001, maka melalui dekoder akan mengubah nya menjadi angka 9 yang ditampilkan pada LED.

Untuk membuat enkoder dan dekoder cukup melelahkan berhubung banyak yang harus dipasang. Walaupun melelahkan, tetapi tetap mungkin untuk dibuat
 Gambar 4.1 Tabel Kebenaran Enkoder
 Gambar 4.2 Tabel Kebenaran Dekoder
Gambar 4.3 Contoh Dekoder

Pada gambar 4.3, terdapat IC yang sudah langsung mendekode bilangan biner kedalam bentuk BCD yang ditampilkan pada 7-Segment. Pada gambar itu saya menggunakan 7-Segment Common Anode dan IC 74LS47 (Dekoder untuk Common Anode, kalau Common Cathode IC nya 74LS48).

Sekian.

Pengunjung

free counters

Jumlah Pengunjung

free counters